Jumat, 29 Juli 2011

Hari Ini Demo Akbar ke NHM


Radar Halmahera, kamis 14 juli 2011

Tobelo - Warga lingkar tambang PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) hari ini berencana melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran memprotes dugaan pencemaran yang menimpa dua sungai di lingkar tambang dan pengelolaan dana CSR dari NHM. 

Aksi hari ini diagendakan berlangsung pada 3 titik, yakni DPRD Halut, Kantor Bupati Halut dan di depan pintu masuk PT. NHM. Dominggus Isak Bitjara, Koordinator Forum Pemerhati Masyarakat Lingkar Tambang (FPMLT) yang juga koordinator aksi mengatakan, aksi hari ini akan diikuti oleh ribuan warga lingkar tambang. 

Menurut dia, aksi hari ini adalah pra kondisi terhadap rencana aksi serentak di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Sulawesi Utara, Makasar, Surabaya dan Jakarta, dimana Mahasiswa asal Maluku Utara menyebar menuntut ilmu. 

"Untuk pra aksi sendiri, fokus massa berada di kantor DPRD Halut, Pemkab dan kantor NHM. Dan saya sudah koordinasi dengan para anggota DPRD agar bisa kooperatif menghadapi massa aksi", ujar Dominggus Rabu (13/7). 

Untuk menggelar aksi di Jakarta, pihaknya berencana berangkat (18/7) senin pekan depan. Dan di Jakarta aksi demo digelar di tiga titik yaitu di kantor DPRRI, KPK dan Kedubes Australia. Pada aksi itu juga, akan dilibatkan seluruh Mahasiswa Maluku Utara yang ada di Jakarta. 

Menurut dia, selain menggelar aksi, mereka juga akan membawa rekaman-rekaman visual untuk diserahkan ke media nasional, sekaligus gelar konfrensi pers yang intinya, meminta PT. NHM angkat kaki dari Halut. 

Sebab, semenjak melakukan eksploitasi tidak banyak hal positif yang dilakukan. Malah sebaliknya dampak negatif yang lebih banyak dirasakan masyarakat lingkar tambang. "Di Jakarta kita juga libatkan seluruh mahasiswa Malut. Selain itu, kita juga gelar jumpa pers untuk mengekspose kebobrokan NHM", ujar dia. (Cal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar